Buku Bacaan Selama Liburan

Liburan semester ganjil segera berakhir. Well, bagi saya liburan 2 bulan bukanlah hal yang menyenangkan, karena rasa bosan terus-menerus menyerang. Dalam liburan kali ini, saya mengisinya dengan kegiatan-kegiatan organisasi, mencari uang (mengajar dan menjadi staf pelaksana training di kampus), dan membaca buku.

Buku-buku yang saya baca selama liburan:

Mimpi Sejuta Dolar

Oleh: Alberthiene Endah│Penerbit: Gramedia

Buku ini adalah biografi dari Merry Riana, seorang motivator wanita nomor 1 di Asia dengan kisahnya yang berhasil mendapatkan satu juta dolar pertamanya dalam usia 26 tahun! Merry Riana, melalui Alberthiene Endah, menceritakan bagaimana cara ia menjadi sesukses seperti saat ini. Kerusuhan Mei 1998 memaksa kedua orang tua Merry untuk mengirimkannya ke NTU Singapura untuk berkuliah, walaupun pada saat itu kondisi keuangan keluarganya sedang tidak baik. Berbekal dengan hutang sang ayah kepada bank Singapura, Merry diberangkatkan ke Singapura. Di Singapura inilah hidup Merry seolah diuji. Dengan uang yang hanya 10 dolar seminggu, Merry berusaha mencukupi kehidupannya di Singapura; mulai dari membeli buku-buku kuliah, sarapan, makan siang, dan lain-lain. Ia bertahan hidup selama 2 tahun dengan sarapan mie instan dan sepasang roti tawar untuk makan siangnya. Menyadari bahwa ia harus memiliki hidup yang lebih baik, ia pun memulai bekerja, mulai dari seorang pembagi selebaran, menjaga toko bunga, berbisnis percetakan, MLM, saham, hingga menjadi seorang financial consultant. Buku ini berisikan perjuangan hidup dan nilai-nilai yang terus dipegang oleh Merry untuk mencapai kesuksesannya saat ini.

 

Diary Pramugari: Seks, Cinta, dan Kehidupan

Oleh: Agus Webe│Penerbit: Pohon Cahaya

Merupakan novel true story yang mengisahkan Jingga, seorang pramugari dengan kecantikan yang memukau. Berangkat dari kampungnya ke Jakarta untuk mencapai cita-cita, Jingga berkenalan dengan banyak orang dengan latar belakang dan pemikiran yang berbeda-beda pula. Mulai dari seks pra-nikah, seks bebas, ateisme, agama, dan lain-lain. Kisah Jingga menjadi menyentuh ketika ia menganggap bahwa laki-laki adalah makhluk yang hanya memanfaatkan wanita sebagai pemuas nafsunya belaka. Pertemuannya dengan ayahnya kembali, dengan rekan-rekan pramugari, dengan Alvin, dengan Mas Gede, dan lain-lain membuat Jingga semakin paham dan mengerti arti kehidupan, serta membuat ia mengenal akan arti cinta.

 

Manusia Setengah Salmon

Oleh: Raditya Dika│Penerbit: GagasMedia

Buku keenam dari Raditya Dika yang bergenre humor non-fiksi. Dika kembali menulis mengenai kehidupannya dari sisi jenaka. Setelah pada buku sebelumnya, Marmut Merah Jambu, ia menulis mengenai kisah cinta dalam hidupnya; buku Manusia Setengah Salmon ini lebih banyak berkisahkan tentang perubahan di dalam hidup Dika. Ia mengisahkan tentang berpindah rumah, berganti supir, berpindah hati, dan lain-lain. Meski masih dengan gaya yang jenaka, Dika banyak memasukkan perenungan-perenungannya di dalam buku ini. In my humble opinion, beberapa bagian dari buku ini mulai garing. Entah karena Dika sudah mulai kehabisan ide atau bukan, dan memang sudah terasa sejak bukunya yang berjudul Babi Ngesot.


The Best of Chinese Wisdom

Oleh: Leman│Penerbit: Gramedia

Buku ini sebenarnya sudah terbit sejak lama, tetapi baru saya beli saat liburan karena sedang diskon, hehehe. Buku ini menarik perhatian saya karena sarat dengan nilai-nilai hidup yang bermanfaat secara praktis. Walaupun penulisnya berwarga negara Indonesia, tetapi Leman mengetahui kisah-kisah kerajaan China dan mengambil hikmah dari kisah-kisah tersebut, mulai dari Dinasti Qin, Dinasti Han, dan periode Tiga Negara (Samkok). Leman bertutur dengan gaya bahasa yang enak dan mengalir begitu saja. Di belakang buku, Leman juga berbagi tentang dinasti-dinasti yang pernah ada di China dan Chinese mind map, sebuah metode untuk memelajari han zi atau aksara China melalui metode mind map.

 

Diary of a Wimpy Kid

Oleh: Jeff Kinney│Penerbit: Harry n Abrams (USA)

Buku ini sudah diterjemahkan dan diterbitkan dengan judul Diary si Bocah Tengil, tetapi saya tetap tertarik untuk membaca dalam bahasa aslinya (Bahasa Inggris) karena banyak humor-humor yang biasanya menjadi tidak terlalu lucu lagi jika diterjemahkan ke dalam bahasa lain. Buku ini merupakan diary (fiksi) dari seorang anak bernama Gregory. Ia mencatat kejadian-kejadian yang ia alami baik di sekolah dan di rumah melalui buku ini, mulai dari kisah ia berusaha menjadi populer di kalangan perempuan, kakaknya yang menyebalkan, merayakan Halloween, mengampanyekan diri untuk terpilih dalam student government (semacam OSIS), membuat komik, dan lain-lain. Di negara aslinya, USA, buku ini dibaca oleh anak-anak, tetapi menurut saya di Indonesia buku ini tidak layak untuk dibaca anak-anak karena bahasanya yang terlalu kasar. Buku ini merupakan bacaan yang fun dan menghibur.

 

Dare to Dream Big

Oleh: Merry Riana│self-published e-book

Buku ini tidak pernah dicetak dalam bentuk fisik. Dare to Dream Big merupakan e-book karangan Merry Riana yang berkisahkan tentang dirinya. Saya membaca e-book ini dulu sebelum membaca biografinya yang berjudul Mimpi Sejuta Dolar. Secara umum, isi dari kedua buku sama, yaitu tentang kisah hidup Merry dan perjuangannya menjadi sukses. Tetapi Dare to Dream Big lebih berisi tentang tips-tips dan motivasi yang Merry bagikan kepada pembacanya, sedangkan Mimpi Sejuta Dolar lebih berisi tentang kisah hidup Merry. Merry juga berbagi tentang hukum 10.000 jam atau rule of 10,000 hours yang akan membawa seseorang menjadi ahli dalam bidangnya. E-book ini juga berisi testimonial-testimonial kepada Merry. Buku ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris dan dapat di-download secara gratis di website pribadi Merry Riana.

Yuk, Beri Komentar dan Berdiskusi di Sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s