Setelah 2 Tahun Gak Nge-post!

5374200948_539b10fb1c_z

Sumber foto: Calendar oleh Dafne Cholet

Iseng-iseng buka wordpress, baca-baca tulisan lama sambil nostalgia… dan baru sadar sudah 2 tahun gak buat post baru! Memang sih, sejak wordpress memunculkan fitur iklan di platform gratisnya (dan iklan tersebut hanya hilang kalau kita jadi premium member), gue jadi malas nge-blog. Sempat coba-coba iseng nge-vlog sih, dengan konten-konten tentang psikologi. Tapi membuat video jauh lebih susah daripada membuat tulisan! Harus cari tempat yang pas, tunggu suasana sepi (kalau ramai nanti suaranya jadi gak jernih), lalu harus editing lagi (yang perlu waktu lumayan lama), sampai ke upload ke Youtube (yang perlu waktu lama). Btw, kalau penasaran mana channel Youtube gue, silakan buka di sini.

Setelah baca-baca ulang blog ini (di mana post terakhirnya adalah di tahun 2015), gue jadi nostalgia… 2 tahun sebenarnya bukan waktu yang relatif lama, tapi kok sudah banyak sekali perubahannya ya, seperti:

1. Dua tahun lalu gue masih kuliah S2, sekarang gue sudah kerja

Perubahan yang paling berasa ya ini. Rasa-rasanya baru lulus S1, rasa-rasanya baru mulai S2, rasa-rasanya kemarin masih bolos kelas buat ngapelin gebetan (eh…), tahu-tahu sudah lulus aja… Dan masuk ke dunia kerja (walaupun sejak lulus SMA, sudah kuliah sambil mencari uang sendiri sih).

Bedanya masih kuliah dan masih kerja itu, kalau jadi anak kuliahan waktunya relatif bebas. Memang sih banyak tugas dan banyak kelas, tapi di luar itu kita bebas bisa ngapain aja, beda kalau sudah kerja. Dari pagi sampai sore di kantor (kalau gue kerja di kampus, tapi sama aja), malamnya sudah tepar karena seharian kerja. Sabtu kadang lembur. Minggu doang jadi hari paling tenang… itupun kalau organisasi lagi gak bikin event.

2. Dua tahun lalu gue masih irit-iritan, sekarang mendingan

Ya jelas… dua tahun lalu masih kuliah, harus biayain sendiri uang kuliah (dan uang kuliah di Untar lumayan berasa), harus bayar cicilan motor sendiri, belum uang buku… uang jajan… beli laptop… bayar tagihan internet. Mau gak mau harus hidup irit-iritan. Makan warteg is a must, atau lewatin makan siang kalau kantong sudah kepepet.

Sekarang… ya karena sudah kerja, bisa mendingan lah. Bisa traveling, makan di resto yang dari dulu uda kepingin gue datangin, it feels so nice!

3. Sekarang lebih bisa menerima

Entah faktor usia, entah karena faktor sekarang sudah bekerja. Dulu gue ngototan banget, sekarang masih ngototan sih, tapi agak mendingan. Kalau gak perlu-perlu amat, ya gak perlu ngotot. Mungkin karena sekarang sudah bekerja dan mulai belajar kalau tidak semua hal di sekitar bisa kita kendalikan. Kita tidak bisa mengendalikan sekitar kita, tapi kita bisa mengendalikan pikiran kita sendiri.

Intinya, dua tahun itu berasa cepat ya… tapi banyak yang sudah berubah, dan untungnya perubahan tersebut ke arah yang positif.

Semoga dua tahun lagi, ketika gue flashback dan membaca tulisan ini, gue dalam keadaan yang jauh lebih maju lagi.

Cheers!

Yuk, Beri Komentar dan Berdiskusi di Sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s