S1 Psikologi Bisa Kerja Apa Sih?

Karir Sarjana Psikologi

Halo pembaca, akhirnya setelah bergulat dengan kesibukan sehari-hari, saya meluangkan waktu untuk menulis kembali. Motivasi terbesar saya, tentu karena blog ini makin hari makin ramai, banyak pembaca yang meninggalkan komentar, me-follow akun medsos saya, atau hanya sekadar mengunjungi dan membaca tulisan-tulisan sehingga mendongkrak jumlah pengunjung harian.

Setelah tulisan Pengalaman Kuliah S1 Psikologi dan Fakta Kuliah Psikologi yang ramai dikunjungi, saya sekarang akan share pengalaman saya (beserta teman-teman saya) setelah lulus S1 Psikologi 2 tahun silam. Bagi teman-teman yang sekarang sedang SMA atau mungkin berada pada tahun terakhir di kuliah psikologi, mungkin sedang berpikir, bisa kerja apa sih dengan ijazah S1 psikologi? Dulu saya juga berpikir begitu :) Nah dalam tulisan ini, saya akan bagikan beberapa posisi pekerjaan yang bisa dilamar oleh seorang S.Psi (sarjana psikologi).

1. HRD/Personalia

HRD atau human resources and development adalah salah satu bidang profesi yang paling jamak digeluti oleh teman-teman sarjana psikologi. Seorang HRD memiliki tanggung jawab untuk merekrut karyawan-karyawan baru untuk posisi-posisi tertentu yang sedang dibutuhkan perusahaan, memberikan penilaian performa (bahasa kantorannya: KPI atau key performance indicator), terkadang juga mengurus payroll atau penggajian. Serunya posisi HRD adalah kita akan menyortir ratusan CV, menghubungi mereka, memberikan psikotes, melakukan wawancara, lalu memutuskan akan memperkerjakan orang tersebut atau tidak di perusahaan tempat kita bekerja (biasa pengambilan keputusan dilakukan bersama dengan atasan, user, atau bos kita). Terkadang seorang HRD juga akan dikirim ke luar kota untuk merekrut karyawan-karyawan dari luar kota. Bagi kamu yang suka berkarir di kantor, HRD adalah pilihan yang cocok bagi kamu!

Peluang untuk berkembang di masa depan: konsisten berkarir hingga menjadi direktur HRD, membuka konsultan HR atau SDM, menjadi trainer.

2. Guru BP (Guru BK)

Ini juga salah satu posisi favoritnya sarjana psikologi. Kalau kamu merasa kerja di kantor terlalu statis dan merasa lebih suka dengan anak-anak atau remaja, profesi sebagai guru BP bisa kamu coba. Kamu pasti sudah tahu seperti apa sih profesi guru BP itu. Tugas kamu adalah melakukan konseling terhadap siswa didik, menilai komponen psikologis mereka di sekolah, atau terkadang hanya sekadar menjadi tempat curhat siswa-siswa remaja yang sedang galau. Menurut saya sih seru banget :)

Peluang untuk berkembang di masa depan: syukur-syukur bisa jadi Kepsek (guru BP saya waktu SMA sekarang jadi kepsek di SMA saya), membuka assessment center di bidang psikologi pendidikan, membuka lembaga pendidikan sendiri.

3. Sales & Marketing

Sebenarnya profesi ini bisa digeluti oleh siapa saja sih, mau dari jurusan apapun juga. Tapi sarjana psikologi juga bisa sukses di bidang ini lo! Saat kuliah psikologi, kita dibekali dengan ilmu-ilmu yang membuat kita lebih cepat memahami seseorang dan bagaimana cara seseorang mengambil keputusan (psikologi sosial). Jangan heran, kalau terkadang sarjana psikologi justru closing-nya lebih cepat! Serunya kerja sebagai sales atau marketing, kita bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang pendidikan maupun sosial, dan potensi penghasilannya besar (tergantung jumlah penjualan).

Peluang untuk berkembang di masa depan: direktur marketing, sales tapi dengan penjualan yang nilainya fantastis, membuka usaha sendiri (karena sudah memiliki keterampilan berjualan yang baik).

4. Researcher (Peneliti)

Sarjana psikologi juga ada yang bekerja sebagai peneliti, walaupun mungkin kurang populer. Perusahaan yang membuka lowongan sebagai peneliti biasanya adalah lembaga-lembaga statistik, lembaga survei, atau memang kantor penelitian. Sarjana psikologi biasanya lebih banyak meneliti di bidang sosial. Kalau kamu ingin menerapkan keterampilan metodologi penelitian dan pengetahuan teoretis kamu ke dalam pekerjaan yang lebih ilmiah, profesi ini pas banget buat kamu! Serunya, kamu akan sering keluar untuk mengambil data!

Itu dia ke-4 profesi yang bisa digeluti oleh seorang lulusan psikologi. Kalau ada tambahan lagi, akan saya update segera. Semoga bermanfaat :)

Update 2020

Hai, silakan dengar podcast gw tentang psikologi: http://bit.ly/spotify-garvin

Dan trims untuk 1.4k subscriber, tetap tonton, subscribe, dan nyalakan lonceng notifikasi karena komitmen gw adalah 1 video 1 minggu ;) http://bit.ly/youtube-garvin

17 responses to “S1 Psikologi Bisa Kerja Apa Sih?

  1. Ping-balik: Pengalaman Selama Kuliah S1 Psikologi | Garvin Goei

  2. Apakah sarjana psikologi mempunyai peluang mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar? Pekerjaan apa sajakah itu? Seberapa banyak kah lowongan kerja untuk sarjana psikologi?

  3. Banyak itu bisa sebutkan selain direktur HRD? Terimakasih

  4. ada saran ga beasiswa di luar negeri untuk jurusan psikologi

  5. Muhammad Rizki Ismail

    Minat masuk jurusan psikologi tapi punya sikap pemalu + susah ngomong. apa yang harus saya lakukan ._ masuk jurusan psikologi aja. minta sarannya dong kalo bisa cara ngatasin sikap itu ._ sekian dan terima kasih
    (Note : Masih kelas 2 SMA IPA)

  6. Kak, lulusan sarjana psikolog, bisa kerja di bank ngga? Trus, klo bisa, di bagian apa aja ya?

  7. sekarang saya baru kena masalah, saya gtt d sebuah SMK di Jawa tengah, lulusan psikologi akta IV. saya sudah 10 tahun mengabdi tetapi keberadaan saya ditanyakan payung hukumnya mana sarjana psikologi akta IV dapat mengajar BK. beri donk solusinya. tq

    • Slamat siang kak
      Mau minta pendapat nih kak, saya udah daftar kuliyah dan masuk fakultas psikolog kak cuma dari keluarga saya ada yang kurang setuju katanya kalo udah lulus kuliyah mau kerja apa??
      Sedangkan dari teman2 banyak yang ngasih dukungan untuk masuk ke fakultas psikolog kak, nah menurut kaka saya harus ngambil keputusan yang bagaimana?
      Makasih

  8. selamat malam ka,mau tanya kalo lulusan smk bisa kuliah jurusan psikologi ga ya?

  9. Menurut Pendapat Saya lebih baik tanya dulu ke orang tua nya kenapa ga setuju cari tau kenapa ? kalo soal prospek kerja nya jadi apa banyak kok selama manusia masih hidup pekerjaan bagi psikologi amat banyak dan maaf bukannya so so an saya juga masih kelas 2 smk tapi niat mau masuk psikologi
    kalo butuh temen curhat tentang mau masuk jurusan ini mah kontak aja gw wa :0895343346453
    line : mrrayen69

  10. Hi !saya mau tanya,kemarin disekolah saya ada stan-stan kampus swasta seluruh indo,trs saya datang ke salah satu stan. saya tanya ke mba” yang ada distan itu,kalo lulusan psikologi s1 kerjanya jdi apa? trs mba nya blng jadi asisten psikolog, bru s2 bisa jdi psikolog.memang,klo lulusan psikologi s1 hrs jdi asisten psikolog ya?Terima kasih.

  11. S1 psikologi bisa ambil profesi gak yaa ? Tolong pencerahannya min

  12. S1 psikologi bisa ambil profesi gak yaa ? Tolong pencerahannya

Yuk, Beri Komentar dan Berdiskusi di Sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s