5 Fakta Kuliah di Jurusan Psikologi

Pengalaman Psikologi

CC Image courtesy of Veritas on Flickr

Karena di postingan pengalaman kuliah psikologi banyak banget yang comment buat nanya-nanya gimana sih rasanya kuliah psikologi, maka di post ini gw mau kasih 5 fakta kuliah psikologi yang perlu kamu ketahui.  Cekidot guys!

Disclaimer: 5 fakta ini menurut gue sendiri, sebagai mahasiswa yang akhirnya “lolos” S1 psikologi juga :P

1. Mau kabur dari hitung-hitungan? No way out!

Kalau ada yang mau pilih jurusan psikologi biar gak ketemu hitung-hitungan lagi, you are totally wrong, fellas! Karena pada faktanya… jurusan psikologi ternyata masih berkaitan dengan hitung-hitungan, dan memang perlu! Saat kuliah psikologi nanti, kalian akan bertemu dengan beberapa mata kuliah hitung-hitungan seperti Statistik I, Statistik II, dan Psikometrika (coba tanya sama yang sudah pernah kul psikologi, gimana sadisnya mata kuliah psikometrika itu :P)

2. IPA atau IPS? Sama aja sih!

“Kak aku jurusan IPA/IPS bisa kul psikologi gak?” Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sering gue dapatkan. Kalau menurut gue, sama aja sih. Dari buku tentang sejarah psikologi Indonesia yang pernah gw baca sih, dulu UI mensyaratkan wajib lulusan IPA yang boleh kul psikologi, karena waktu itu jurusan psikologi UI masih di bawah Fakultas Kedokteran. Tapi sekarang sudah beda, IPA atau IPS sudah bisa. Gimana dengan mata kuliahnya? Kalian yang anak IPS akan berjaya di mata kuliah antropologi, sosiologi, psikologi sosial, dan mata kuliah lain yang menuntut kemampuan analisis secara sosial, kalau yang IPA bakal seneng banget di mata kuliah biopsikologi/neuropsikologi, statistik, psikometri (semoga…), dan beberapa mata kuliah lainnya yang menuntut kemampuan berpikir secara eksak. Jadi IPA atau IPS sama aja sih! Gue sendiri dulunya lulusan IPA dan emang seneng banget di mata kuliah psikologi faal (sekarang jadi neuropsikologi) dan statistik. Psikometri sih tetep kagak demen.

3. Belajar “baca” orang dari liat wajah? Ngarep!

No no no! Psikologi itu jurusan yang berlandaskan metodologi ilmiah alias SCIENTIFIC. Kita akan diarahkan untuk menjadi ilmuwan atau psikolog, bukan dukun! Jadi gak ada yang namanya “baca” (buku keles…) orang dari liat wajahnya aja. Tapi kita memang akan belajar beberapa mata kuliah yang membuat kita menjadi lebih peka terhadap orang lain, salah duanya adalah metode observasi dan teknik wawancara.

4. Hafalan setumpuk? Bisa iya, bisa gak. Bisa jadi!

Ya, memang buku-buku anak psikologi itu tebal-tebal dan banyak. Tapi gw masih percaya bahwa anak kedokteran masih lebih tebal lagi bukunya (asumsi gw sih). Yang pasti, memang akan banyak teori dalam psikologi. Tapi jangan kira dengan menghafal, kamu mutlak akan menjadi jagoan psikologi, karena hafalan tersebut bukan cuma sekadar hafalan. Dalam ujian, kamu harus bisa menganalisis suatu kasus dengan menggunakan teori yang sudah dipelajari. Jadi kalau kamu cuma hafal teori dan gak bisa menerapkan teori tersebut dalam analisis… bye2!

5. Mau jadi psikolog? Perlu s2.

Iya… gw sempat terkecoh pas awal-awal masuk psikologi. Gw kira dengan S1 aja, gw uda bisa disebut sebagai psikolog. Nyatanya tidak. Kalau kamu lulus S1, gelar kamu adalah “sarjana psikologi”, dan belum boleh dipanggil psikolog. Kalau kamu mau sampai jadi psikolog, kamu perlu S2. Lalu kalau mau cuma S1, bisa kerja gak? Bisa kok, tapi bukan jadi psikolog. Kamu bisa jadi HRD, pekerja sosial, asisten psikolog, ilmuwan, dsb.

Oke untuk sementara 5 fakta dulu ya, kalau kepikiran lagi akan gw post. Btw, biar socmed gw makin rame, follow instagram gw dong di @garvingoei! Kalau mau gw folbek, tinggalin comment aja di instagram gw.

Update 2020

Hai, silakan dengar podcast gw tentang psikologi: http://bit.ly/spotify-garvin

Dan trims untuk 1.4k subscriber, tetap tonton, subscribe, dan nyalakan lonceng notifikasi karena komitmen gw adalah 1 video 1 minggu ;) http://bit.ly/youtube-garvin

116 responses to “5 Fakta Kuliah di Jurusan Psikologi

  1. Ping-balik: Pengalaman Selama Kuliah S1 Psikologi | Garvin Goei

  2. Berminat masuk psikolog tapi peluang kerja nya banyak ga? Terus sekarang kaka kerja dimana dan bagian apa thanks

    • Pengalamanku setelah lulus S1, peluangnya cukup besar. Teman-teman saya banyak setelah S1 bekerja di bagian personalia/HRD, namun sebagian lainnya ada juga di bagian marketing atau menjadi guru BK di sekolah.

  3. Hai kak. Saya dari ips dan memang bener berjaya di psi sosial hahaha, tapi saya sangat tertarik dengan biopsikologi. Akhirnya galau klinis apa sosial . . Hahaha

    • Tergantung kamu mau berkarir sebagai apa :) kalau kamu suka membantu orang secara individual menyelesaikan masalahnya seperti depresi, trauma, schizophrenia, dsb., maka kamu cocok di klinis.

      Jika kamu lebih tertarik dengan fenomena sosial seperti penculikan anak, terorisme, pertikaian antar suku, tawuran remaja; dan kamu tertarik untuk menjelaskan serta mendalami perilaku-perilaku tersebut, maka kamu cocok di psikologi sosial.

      Kamu lebih suka yang mana? :)

  4. kak, aku agak tertarik di jurusan psikolog tapi masih mikir” utk masuk kuliah psikolog karna harus keluar kota trus biaya juga. tapi jurusan psikolog biasanya banyak dicari org luar utk ajak kerja gk ya?

    • Kalau kerja, ada HRD atau bagian training yang biasanya nerima lulusan S1 psikologi :) kalau mau jadi psikolog harus S2. Nah, kamu mau kerja sebagai apa? :)

  5. tapi biasanya susah nyari kerja gk ya kalo udh slesai kuliah gitu

  6. Hai kak.kerja hrd itu kayak apa? Trus itu masuknya di psikolgi industri kah?

  7. Psikometrika itu mata kuliah yang ngebahas hitungan mengenai apa kak? Saya inshaa Allah tahun depan tamat SMA terus lanjut kuliah, dan kepikiran buat pilih jurusan ini

    • Psikometrika adalah “teori pengukuran mental”, kurang lebih mirip dengan statistik di pelajaran matematika. Kalau kamu bisa ngerjain statistik di SMA, harusnya kamu bisa ngikutin pelajaran psikometrika :) pake kalkulator kok. Kebetulan saya asisten untuk mata kuliah psikometrika :)

  8. Halo kak. Artikel2nya sangatttt membantu! Aku rencana mau ngambil psikolog juga kak, nah mau nanya, apakah setiap universitas matkul psikologinya beda2 atau sama?

    Sedikit curcol, awalnya aku kira psikologi itu bener2 dibedain, ada psikologi ipa dan psikologi ips. Jadi aku ngubek2 buku universitas dan google, ada yg masukin psikologi ke jurusan saintek, ada juga yg masukin ke jurusan soshum. Aku pusing bgt nyari yg mana yang ipa, soalnya aku bener2 gak suka sama pelajaran ips. Dannn skrg aq tau ternyata ada pelajaran ipa dan ips nya! So glad to hear this!

    • Halo Meuthia, sorry ya baru balas. Setiap kampus mirip2 kok mata kuliahnya. Mau soshum atau saintek, psikologi masuk ke keduanya, karena psikologi belajar tentang otak manusia tapi juga belajar tentang sosialitas manusia :)

      Selamat belajar psikologi ya, glad to read kalau blog aku berguna buat pembacanya :)

  9. Oh ya sekalian mau nanya kak. Buku phsyclogy yg recomended apa ya kak? Makasihkak

  10. Halo Kak Garvin Goei
    salam kenal saya Abdul Azis , kak kalau untuk psikologi yang kelas karyawan dijakarta dimana yah yang bagus, ,,?

  11. Bang, saya mau nanya..
    Saya udah 23 tahun, mau mulai kuliah lg masuk psikologi dan ortu saya bilang “ini ada pts kamu tinggal tes psikotes dan dapat nim” untuk angkatan 2015/2016, sedangkan saat ini sudah masuk bulan oktober akan ke november, secara logika saya perkuliahan angkatan 2015/2016 sudah berjalan sejak agustus/september,, baiknya saya turuti ortu saya saja atau saya ikut untuk tahun depan ajaran 2016/2017 ya?? Terima kasih

  12. Halo kak, sebagai ank SMA yg udh eneg ditanyain mau jurusan apa, aku mau nanya nihh

    Aku lagi tertarik, banget, sama neuropsikologi. Nah tpi berhubung aku jurusan ipa, ya jdi rempong ortu kalo aku bilang aku minat di psikologi. Mau ny sih, kalo emg Tuhan ijinin, aku ngincer psikologi ugm. Tapi kalo ngincer jalur undangan itu hrs dari jurusan ips ya ga sih? Atau dulu kaka berhasil ke terima di jurusan ini lewat jalur apa? Thanks anyway

    • Halo Edna :) aku suka juga tuh sama neuropsikologi *tos*

      Psikologi UGM bagus tuh neuropsikologinya, kebetulan sempat berkenalan dengan salah satu dosen di sana dan berbincang2 sebentar. Psikologi itu gak peduli IPA IPS kok, malah dianggap IPC (ilmu pengetahuan campuran). Kamu pasti bisa kok Edna! Semangat ya :)

  13. Kak, kalo lulusan dari SMK bisa ngga ya masuk psikologi ?

    • Hmmm, kurang tahu sih… tapi kamu bisa hubungin fakultas psikologi di universitas tempat kamu ingin mendaftar dan coba tanyakan :) biasa beda kampus beda syarat (dikit)

  14. Kak aku anak IPA di kelas bisa dibilang aku gak terlalu pinter dalam pelajaran matematika dan biologi tapi aku pengen banget masuk jurusan psikolog😔 Aku sangat berharap bisa masuk jurusan psikolog nanti pas kuliah. Kakak boleh kasih tau aku gak cara agar aku bisa diterima di universitas jogja nanti? Dan kasih cara agar aku bisa jauh dari kedua orang tua nanti

  15. aku juga lagi kuliah psikologi nih. nambahin fakta dong. Kuliah psikologi itu, banyak tugas observasi/turun lapanganya. atau cuma kampusku aja ya? Hehe 😂

  16. claudia shinta

    Ka kalau boleh tau, kaka dulu kuliah dimana?

  17. Muhammad Zaini

    Yang jelas kalau di psikologi tu tugas nulisnya banyak
    *oh no…*

  18. Maaf kak mau tanya nih, tdi kan dsebutkan s1 psiko bsa jadi ilmuan, mksudnya gmn tu kak krjanya? Mohon djawab ya kak , lg bingung mau masuk psiko ato fisiotrapi nih

    • Ilmuwan = bekerja sebagai peneliti (salah satunya) :)

      • Maaf mksud sy, meneliti ap? Soalnya bukannya psiko itu mmplajari kjiwaan y. Tolong ksi contohnya kak, terimakasih

      • Contoh judul-judul penelitian deh ya yang saya masukin:
        1. Peran Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional terhadap Keterikatan Kerja Karyawan (judul skripsi saya dulu nih)
        2. Efektivitas Cognitive Behavior Therapy pada Dewasa Muda penyandang Acrophobia (judul tesis saya dulu)
        3. Stres Ibu Tunggal yang memiliki Anak Autis (salah satu judul penelitian yg saya temukan di internet)
        4. Gambaran Proses Regulasi Emosi pada Pelaku Self Injury (salah satu judul penelitian yg saya temukan di internet)
        5. Stres Kerja pada Tuna Netra yang Bekerja sebagai Karyawan Perusahaan Berbasis Profit di Jakarta (salah satu judul penelitian yg saya temukan di internet)

        Sudah mulai dapat gambaran, apa yang diteliti oleh ilmuwan psikologi? Tentu yang diteliti adalah proses mental dan perilaku :)

  19. Kak aku mau nanya nih, Aku kan sekarang anak IPA,yaa kalo dibilang mata pelajaran seperti MTMatematika itu cukup membosankan bagi saya, apakah saya cocok kak masuk Psikologi, ?

  20. kak mau tanya, apakah berpengaruh akreditasi sama diterimanya kita ngelamar pekerjaan. soalnya kampus yg mau saya ambil akreditasinya C

    • Gak kok, akreditasi A B C bisa kerja di mana saja. Cuma bedanya kalau akreditasi C, gak bisa jadi PNS. Jadi jangan ragu ya :)

      Btw, saya baru bikin akun twitter Belajar Psikologi @bljr_psi, follow ya! :)

  21. kak mau tanya, apakah berpengaruh akreditasi sama diterimanya kita ngelamar pekerjaan. soalnya kampus yg mau saya ambil akreditasinya C?????

  22. Salam kenal.. mau tanya, kampus psikolog yg bagus jkt pa ya.. mksh jwbannya

  23. Kalo lulusan SMK apa bisa masuk jurusan psikolog ?

  24. Madia Khairunnisa

    Hai ka :) ka aku mau nanya kalo kita masuk mau psikologi kita harus menguasai pelajaran apa ya?

  25. Hai ka / ko Garvin, yg sering post komen suru mampir di ig biar rame wkwk
    Udah lulus psikologi ko? Terus denger2 kuliah psikologi ntar ada koas dan selesainya (kuliah) skitar 6 tahunan.. Bener tuh?

    Thanks anyway for reply :)

    • Siapa ya? Hehehe. Sekarang jadi dosen :)

      S1 Psikologi 4 tahun
      S2 Psikologi 2 tahun (termasuk praktikum)

      Nah mau jadi psikolog harus 6 tahun.

      Kalau cuma 4 tahun, jadinya sarjana psikologi doang :)

  26. mau nanya broo, awal start skripsi semester brp/ udah brp sks ?
    baiknya skripsi itu ngambang bgt nih di pikiran , mau buat skripsi tentang apaan ??

    • Halo, skripsi start semester 8 dengan 6 sks :) ide skripsi tar juga muncul setelah kuliah bbrp semester.

      Btw saya menulis di blog baru: garvingoei.blogspot.com dengan artikel-artikel baru, mampir ya :)

  27. kk,aku masih smp,jadi bingung nentuin IPA/IPS,nah aku itu suka kasih solusi ke orang2,kayak temen curhat respon aku cepat buat kasih solusi,,,bagusnya di klinis atau sosial..
    jawab ya kk

    • Halo Farelina, itu cocoknya di klinis. Kamu semangat ya jadi konselor bagi teman2 kamu! :)

      Btw saya menulis di blog baru: garvingoei.blogspot.com dengan artikel-artikel baru, kita diskusi di sana ya :)

  28. m nur ilham gp

    Kak saya mau tanya, saya mau masuk jurusan psikologi, saya dari jurusan ips dan saya lemah di matematika dan hafalan (terutama rumus) apa di jurusan psikologi banyak terdapat hafalan dan matematika ?

    • Gak kok, so far semua mahasiswa saya yang dari jurusan IPS pas kuliah psikologi lancar-lancar aja mata kuliah matematikanya :)

      Btw saya menulis di blog baru: garvingoei.blogspot.com dengan artikel-artikel baru, kita diskusi di sana ya :)

  29. nafeisha epsten putri

    kak, aku kan dari jurusan ips, aku pengen banget ngambil jurusan psikolog.. trus aku jg suka ngasih solusi ke tmn2 gitu.. menurut kakak aku cocoknya dmn? jawab ya kak..

    • Kalau kamu sering kasih solusi ke teman-teman kamu tentang masalah hidup, cocoknya di psikologi klinis :) saya juga psikolog klinis

      Btw saya menulis di blog baru: garvingoei.blogspot.com dengan artikel-artikel baru, kita diskusi di sana ya :)

  30. kak, aku diterima di jur psikologi um, disisi lain aku jg ditrma di politeknik jur rekam medik. dr dulu aku udah ngerasa bgt kalo passion ku ada di psklg, tp orgtua ku nyuruh ngmbl rekam medik dg alasan itu yg lbh dibutuhkan drpd psklg. mohon bantuannya dong kak! kira2 poin2 apa aja ya yg skiranya bs aku jdiin alasan buat milih jur psklg?? tlg jawab ya kak..

    • Kamu pikirkan, hidup kamu akan kamu yang jalani atau orang tua kamu? Jelaskan kepada orang tua kamu tentang pilihan kamu dan katakan bahwa pilihan kamu akan membuat kamu lebih bahagia. Tunjukkan juga bahwa kamu bertanggung jawab dengan pilihan tersebut, dengan mengukirkan prestasi!

      Sebenarnya yang orang tua kamu inginkan adalah melihat kamu bahagia dan sukses.

      Semangat!

  31. Kak aku mau nanya nih.. kalau misalnya lulusan s1 psikolog jurusan saintek ,bisa gak nyambung s2 nya jurusan soshum??
    Makasih kak :)

  32. yuni hadziqoh

    Hai kak… saya mw tanya… sya ska bgt sama yg namanya “ngasih solusi masalah bwt orang lain Yg curhat sma sya.Ngelihat mereka smangat lgi mnjalani hidup adlah suatu kebahagiaan trsendiri bwt sya.. tp sya juga sangat peduli dengan pndidikan anak2 sbg gnerasi pnerus bgsa… saya cocoknya di psiko klinis apa pndidikan?
    Mkasih sbelumnya..

  33. Kalau SMK bisa masuk psikolog gak ?

  34. Halo kak Garvin, saya berminat masuk jurusan psikologi tapi saya bingung milih bidang konsentrasi psikologi yang cocok buat saya:( bisa tolong jelasin ga kak tentang bidang konsentrasi yg ada di psikologi hehehe terimakasih kak:))

  35. kak saya sekarang kls XII IPA saya dari kelas X udah tertarik sama psikolog tapi entah kenapa saya agak bingung, saya itu suka membaca tapi gk suka menghafal. apalagi saya hanya bisa kuliah dengan beasiswa.

  36. hai kak.
    aku mau tanya, aku jurusan smk akutansi. dan lagi cari cari reverensi untuk kuliah, planning mau physikolog cuma bingung dengan test yang suka datang di awal masuk kuliah. karena yaaa memang smk dengan sma jauh dalam hal materi. jadi apakah smk bisa masuk physikolog?

  37. apakah bisa smk masuk jalur beasiswa dalam kuliah? apalagi physikolog?

  38. Hai kak ^-^ aku mau tanya kalo falkutas psikologi itu materinya ada apa aja yah ?? Dan juga kita bakal belajar apaan ?? Terus nanti bakal ada observasi ke suatu tempat kaga ?? Terus di Indonesia seorang sarjana psikologi dibutuhkan atau tidak ??
    Terima kasih kak ^^

    • Wah kuliah selama 4 tahun materinya gak mungkin aku jelasin dalam komentar blog :D tapi intinya kamu akan banyak belajar dengan perilaku dan pemikiran manusia.

      Sarjana psikologi dibutuhkan kok :)

  39. Lulusan psikologi bisa jadi guru bk kan kak? Walaupun s1?

  40. Hai,kak. Pada akhirnya aku ketemu blog yang kyak begini.. makasih infonya kak…
    kak,Undip itu psikologinya masuk IPA apa IPS ya?

  41. Kan kalo smk bisa jadi psikologi, tapi apa ada universitas yg mau nerima anak smk dijurusan psikologi?

  42. kak,aku kan jurusan ipa tapi kepingin banget jadi psikolog. jadi aku dengar tu cerita org-org kalo mau jadi psikolog harus jurusan ips, bener gak tu kak?

  43. kak, kira-kira kalau jurusan psikologi itu harus bisa banget b.inggris ya? kalau b.inggrisnya standar2 aja boleh? makasih :)

    • Bahasa Inggris di psikologi masih bisa dipelajari kok, toh nanti dapat matkul Bahasa Inggris juga pas kuliah. Sekarang juga udah banyak textbook psikologi dalam Bahasa Indonesia. Pokoknya jangan takut belajar psi, semangat! :D

      Btw, saya baru bikin akun twitter Belajar Psikologi @bljr_psi, follow ya! :)

  44. kak saya anak ips dan saya sangat memimpikan sekali mejadi seorang psikolog namun setelah saya menulusuri blog kaka dan membaca bahwa psikologi terdapat hitung hitung saya langsung putus asa dan merasa minder karena saya sangat tidak mampu berpikir dalam hitung hitungan apalagi mtk bahkan dlm pljrn, mtk lah yg paling rendah nilainya:) saya merasa tidak yakin ..:)

    • Waduh kok gitu sih? Jangan minder dong, karena hitung2an psikologi masih bisa diselesaikan deh. Jangan langsung minder dan melupakan impian kamu hanya karena hitungan! Semangat!

      Btw, saya baru bikin akun twitter Belajar Psikologi @bljr_psi, follow ya! :)

  45. mau nanya dong aku lulusan tahun 2014 masih bsa gak masuk jurusan psikolog soalnya baru nemu yang cocok please jawab ya

  46. Kak, klau dari jurusan psikolog, bisa ngga kerja di bank? Klau bisa, di bagian apa aja yaa?

    • Bisa kok, di bagian HRD atau Training, banyak teman saya yg lulus psikologi kerja di bank :)

      Btw, saya baru bikin akun twitter Belajar Psikologi @bljr_psi, follow ya! :)

  47. Kak mau nanya apa benar tes masuk di PTS hanya formalitas,sudah pasti keterima?Mohon jawabannya

  48. hallo kak saya ada dua pertanyaan.
    1. saya anak smk famasi apt kelas XI kepengen banget kalau kuliah nanti mau ambil jurusan psikolog
    2. jika saya mendaftarkan di UI jurusan psikolog apakah akan diterima? sementara saya anak smk. ortu saya selalu memikirkan hal itu. tolong dibantu kak. terimakasih ^^

  49. Kak klo kuliah ngambil jurusan psikolgi pel apa yang hrus di kuasai waktu SMA nya dan bisa gak klo aku ngambil jurusan psikologi nantinya jadi guru tk ?? mekasih kaa

  50. Halo kak saya dari jurusan arsitektur. Di arsitektur, (kalau di univ saya) mata kuliah khusus untuk hitung-hitungan itu nggak ada (tapi berbaur dengan mata kuliah lain, matkul struktur misalnya). Tapi kalau soal analisa, ngumpulin data, respon terhadap design dan lain-lain itu emang no.1 untuk perancangan bangunan. Apakah di psikologi persoalan analisis juga di nomor satukan seperti arsitektur? lalu kalau digabung dengan hitung-hitungannya apakah jurusan ini akan terasa berat?

  51. Kaak mau tanya. Busa gak sih anak kejar paket C kuliah pasikolog. Trus bego bngt pelajaran matematika? Bisa gk kak kuliah di psikolog?

  52. Kak, apa bedanya jurusan Psikologi berbasis IPA (seperti Unpad) dengan jurusan Psikologi berbasis IPS (seperti UI)? Dan apakah akan ada perbedaan di prospek kerjanya nanti?

  53. lilis suryani

    Kak amak saya pingin masuk jurusan psikologi UI ..tp dari jurusan IPA gmn ya ,berarti harus ikut IPC sedang kan selama ini g pernah belajar IPS ..gmn untuk mengikuti test nya ..apa aja yg harus dipelajari …apa harus belajar IPS dulu ..?

  54. Hai kak , aku lulusan SMK jurusan multimedia , bisa gak aku masuk Psikologi ?

  55. Assalamu’alaikum
    Kak, kalau psikologi pendidikan juga ada mempelajari statistik gitu kak?

  56. Tulisannya keren kak. jadi berasa dapet pencerahan dalam hidup wkwk :D tahun ini setelah lulus Sma aku mau ambil jurusan psikologi. Nulis lagi dong kak pengalaman2nya selama kuliah :)

  57. wahh ketawa ketawa sendri baca blog ini, thank sharingnya

  58. Lehi Nur sofia

    Halo Kak….

    Artikelnya menarik,
    Saya mempunyai banyak keinginan salah satunya ya ini, saya ingin mempelajari lebih dalam ilmu” psikologi dan bagaimana penerapannya. semoga dengan adanya artikel ini saya dapat memahami pandangan orang” tentang psikologi.

    Saya ingin membaca lebih banyak artikel tentang Psikologi yang lain, tapi selain di twiter karena saya lupa email dan password yg saya gunakan😂

  59. Kak, kalau anak bahasa bisa nggak ya masuk jurusan psikolog?

  60. Andi Dina Ariyanti

    Hai kak.
    Lulusan SMK FARMASI bisa ngambil jurusan psikologi gak sih hehe?

Yuk, Beri Komentar dan Berdiskusi di Sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s