6 Tips Belajar Oke Sebelum Ujian

Universitas Tarumanagara, tempat saya berkuliah, sudah memasuki periode UAS atau ujian akhir semester. Memang lebih cepat daripada universitas-universitas lain. Nah biasanya di periode UAS ini, sindrom “galau mahasiswa” biasanya sudah muncul. Mulai dari gelisah karena takut tidak bisa mengerjakan soal ujian, takut karena sang dosen senang membuat soal yang menjebak, takut karena materi sangat banyak, sampai takut karena ujian kemarin sangat sulit untuk dikerjakan dan terancam tidak lulus. Bahkan untuk hari Senin, saya harus menghadapi ujian 2 mata kuliah dan keduanya terdiri dari materi sekitar 12 pertemuan untuk masing-masing mata kuliah! Jika ada yang senasib dengan saya, maka saya ucapkan selamat atas tantangan ini! Tapi don’t worry be happy, karena sebenarnya otak kita masih sanggup untuk memelajari bahan-bahan tersebut.

Meskipun saya bukan mahasiswa dengan nilai terbaik di fakultas saya, tetapi beberapa kali saya mendapatkan nilai ujian yang sangat memuaskan (walaupun juga beberapa kali mendapat nilai yang sangat mengesalkan :P). Beberapa pernah bertanya kepada saya, “Gimana sih tips belajar biar bisa dapat bagus?” Nah, daripada galau untuk ujian di hari Senin, lebih baik saya sampaikan tips-tips yang oke dari saya untuk menghadapi ujian. Tips ini saya jamin ampuh karena sudah saya praktikkan sendiri. Silakan simak 6 tips oke di bawah ini.

1. Jangan belajar di saat tubuh sedang lelah

Hari ini ujian tiga mata kuliah? Sore harinya masih harus mengajar les? Itu yang terjadi pada saya hari Rabu kemarin. Curhat banget… hehehe… Saat pulang, bisa dijamin tubuh sudah dalam keadaan yang sangat lelah. Dalam keadaan lelah seperti itu, tidak disarankan untuk belajar! Mengapa? Karena dalam kondisi yang lelah, aktivitas neuron dan persediaan oksigen untuk otak sudah melemah. Daripada memaksakan diri untuk belajar, lebih baik gunakan waktu yang tersisa untuk beristirahat. Segarkan tubuh dengan memandikan diri dan nikmati makan malam yang lezat. Setelah itu, santaikan tubuh dengan aktivitas-aktivitas ringan seperti duduk-duduk, menonton televisi sebentar, bermain video games, dan lain-lain. Jika memang besok tidak ada ujian, lebih baik gunakan sisa waktu di hari itu untuk tidur. Jika besok masih ada ujian, coba atur… apakah besok pagi hari masih sempat untuk belajar (biasanya ada ujian yang dilaksanakan pada siang atau sore hari). Keadaan tubuh yang lelah sudah sangat tidak mendukung untuk belajar. Alih-laih mendapatkan manfaat, tubuh kita hanya akan menjadi lebih lelah dan tidak ada ilmu yang akan masuk ke otak kita.

2. Siapkan waktu yang lebih dari cukup untuk belajar

Jangan menyediakan waktu yang cukup, tetapi lebih dari cukup! Waktu yang bagi kita cukup itu sebenarnya hanya anggapan kita saja. Kita hanya menduga waktu 1 jam sudah cukup untuk memelajari mata kuliah X, padahal waktu 1 jam tersebut sebenarnya hanya cukup untuk membaca materi mata kuliah X. Karena waktu yang “cukup” tersebut, kita hanya sempat dan menjadi “cukup” untuk membaca materi mata kuliah X saja, tidak memahami kembali dan mengelaborasi materi-materi tersebut. Sediakan waktu yang lebih dari cukup untuk belajar, agar anda memiliki kesempatan untuk memahami materi dan mengelaborasikan informasi-informasi yang sudah anda dapatkan. Selain itu, menyediakan waktu yang lebih cukup juga mendukung tips-tips lain yang akan saya sampaikan pada poin selanjutnya…

3. Pelajari materi yang lebih mudah dahulu

Ini tips yang klise, tapi nyatanya jarang dilakukan oleh mahasiswa. Karena lebih khawatir dengan materi yang lebih sulit, kita malah memelajari hal yang lebih sulit terlebih dahulu. Hasilnya? Kita hanya menghabiskan waktu di materi sulit itu dan nyaris tidak menyisakan waktu untuk memelajari materi yang lebih mudah. Bukannya nilai menjadi bagus, nilai kita malah menjadi pas-pasan karena materi-materi yang sebenarnya mudah tidak bisa kita kerjakan saat ujian nanti. Selain itu, memulai belajar dengan materi yang lebih mudah sebenarnya berhubungan dengan motivasi kita. Jika kita langsung memulai dengan materi yang lebih sulit, otomatis semangat kita akan mudah drop dan semakin galau karena menyadari betapa sulitnya materi ujian besok. Lebih baik mulai dari materi yang lebih mudah, karena akan membuat kita berpikir, “Oh ternyata gini ya, oh gini. Ternyata gak susah-susah amat ya.” Pelajari materi yang lebih mudah dahulu, hemat waktu, hemat motivasi :D.

4. Tidurlah setelah belajar

Nah ini sebenarnya jurus rahasia saya. Inilah trik yang saya gunakan sehingga bisa mendapatkan nilai 91 pada UTS psikologi faal (numpang sombong dikit… :P). Tidurlah setelah belajar! Kenapa? Karena pada saat kita tidur, otak kita sebenarnya sedang melakukan konsolidasi. Konsolidasi adalah pemindahan informasi dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang. Beberapa informasi yang kita dapatkan saat belajar mungkin hanya nyangkut di ingatan jangka pendek. Agar informasi tersebut bisa bertengger di ingatan jangka panjang kita agar dapat diakses untuk ujian besok, tidurlah setelah belajar, karena informasi tersebut akan dipindahkan ke ingatan jangka panjang oleh otak kita. Saya sendiri, jika waktu memungkinkan, akan melakukan tidur siang setelah belajar di rumah. Selain itu manfaatkan waktu di malam hari untuk belajar, karena setelah itu kita bisa langsung tidur dan bangun keesokan harinya dengan segar dan siap!

5. Cukup tidur

Mirip seperti tips ketiga. Jika kita tidak menyediakan waktu istirahat yang cukup untuk otak kita, informasi-informasi dari ingatan jangka pendek tidak akan terpindahkan secara baik ke ingatan jangka panjang. Materi-materi yang kita pelajari akan hilang begitu saja jika tidur kita tidak cukup. Selain itu, tidak memiliki waktu tidur yang cukup hanya membuat kita terbangun dalam keadaan tidak segar dan terkadang ditemani efek samping sakit kepala. Jadi, jika anda harus ujian besok pagi dan saat ini waktu sudah menunjukkan waktu pukul 00.00 PM, lebih baik anda segera tidur. Materi ujian belum habis dipelajari? Atur waktu agar bisa bangun subuh dan lanjutkan belajar anda. Jangan belajar pada saat lelah. Berapa waktu yang cukup untuk tidur? Relatif. Kuantitas tidak menentukan kualitas. Asal tidur anda nyenyak, 4 jam pun sebenarnya cukup. Tetapi saya sendiri menyediakan waktu tidur sekitar 5-7 jam per hari agar saya tidak merasa lemas keesokan harinya.

6. Ulangi materi, sekalipun sudah merasa bisa

Jika anda sudah memelajari bab 1 dan sekarang anda sedang belajar bab 2, ulangi kembali bab 1 saat anda sudah selesai memelajari bab 2. Mengapa? Karena mungkin saja materi di bab 1 masih nyangkut di ingatan jangka pendek dan tertimpa oleh materi-materi bab 2 yang anda pelajari belakangan. Agar materi di bab 1 tersebut tidak hilang tertimpa oleh bab 2 dan bisa masuk ke ingatan jangka panjang, ulangi materi tersebut. Sekalipun tadi anda sudah merasa bisa. Tidak perlu menghabiskan waktu dengan membaca ulang bab 1 atau merangkum ulang bab 1, cukup anda ulangi saja dalam hati anda informasi-informasi yang sudah anda dapatkan dari bab 1 tadi. Dengan mengulang, informasi pada ingatan jangka pendek dapat berpindah ke ingatan jangka panjang. Lakukan juga kepada bab 2 saat anda sudah menyelesaikan bab 3, kepada bab 3 saat anda sudah menyelesaikan bab 4, dan seterusnya. Di akhir sesi belajar, coba buat rangkuman (dalam hati saja, tidak perlu ditulis, buang-buang waktu :P) singkat mengenai hasil belajar anda tadi.

Nah berikut sudah saya sampaikan 6 tips yang oke untuk belajar. Jangan percaya begitu saja dengan kata-kata saya, praktikkanlah tips-tips di atas dan buktikan, bahwa proses belajar anda ternyata menjadi lebih baik! Tips ini tidak mutlak dan mungkin saja anda memiliki tips yang jauh lebih oke yang dapat anda bagikan kepada rekan-rekan anda. Selamat belajar dan selamat mendapatkan nilai yang memuaskan! :)

5 responses to “6 Tips Belajar Oke Sebelum Ujian

  1. Ping-balik: 6 Tips Belajar Oke Sebelum Ujian « BelajarPedia – Portal Strategi Belajar Sukses

  2. tegar syahrul irawan

    saya akan tips karna saya lgi UTS SMP nie… So,do’a-in saya biar dapet nilai yg memuaskan… See You Next Time…

  3. Ping-balik: 6 Tips Belajar Oke Sebelum Ujian | Garvin Goei

  4. It’s good tips and It’s helpful too

  5. kalau pas nggak ujian gini semangat mau praktikan jurus2 tersebut, tapi kalau mendekati ujian semangat drop lagi :(

Yuk, Beri Komentar dan Berdiskusi di Sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s