Reversed Card dalam Tarot

Dalam pewacanaan tarot, mungkin terkadang anda menemukan kartu yang terbalik. Bagi beberapa orang munculnya kartu terbalik atau reversed card hanyalah sebuah kebetulan; tetapi ada juga yang menganggap bahwa munculnya kartu terbalik memiliki makna tersendiri.

Dari literatur yang pernah saya baca, kartu terbalik bisa memiliki makna sebagai berikut:

Makna yang berlawanan

Kartu terbalik bisa memiliki makna yang berlawanan dengan makna kartu tegaknya. Jika kartu tegak bermakna kebahagiaan, maka kartu terbaliknya bisa bermakna kesedihan. Demikian juga dengan sebaliknya. Tetapi pemaknaan kartu terbalik dengan cara ini terlihat sedikit memaksa, walaupun mungkin saja bisa memiliki makna yang berlawanan.

Kartu 3 cangkir yang terbalik misalnya. Kartu 3 cangkir tegak memiliki makna kebahagiaan, persahabatan, komunitas, dan sebagainya. Jika kartu 3 cangkir menjadi terbalik seperti gambar di atas, maka dapat diinterpretasikan sebagai kesedihan, perpecahan, pengkhianatan, dan sebagainya. Perlu diingat bahwa makna kartu tidak kaku dan dapat disesuaikan dengan konteks masalah.

Energi yang lebih lemah dari kartu tegak

Kemungkinan lain dalam pemaknaan kartu terbalik adalah memiliki makna yang sama dengan kartu tegak, tetapi dalam versi yang lebih lemah atau terhalang.

Kartu 3 pedang yang terbalik dapat bermakna rasa terluka atau kesedihan, sama seperti kartu 3 pedang tegak. Tetapi yang berbeda dalam kartu terbalik ini adalah perasaan sedih atau terluka tersebut sudah mulai memudar dan tidak separah sebelumnya. Meskipun demikian, bukan berarti makna dari kartu ini berubah menjadi kartu positif. Hanya saja energi rasa terluka atau kesedihan yang ada dalam versi tegak menjadi lebih lemah ketika berada dalam posisi terbalik.

Harus dicatat bahwa sebelum ingin menggunakan metode pembacaan terbalik, pastikan ada kemungkinan munculnya kartu terbalik, misalnya dengan pengocokan kartu sambil membolak-balik posisi kartu (tegak atau terbalik), atau kartu disebar secara acak hingga posisi kartu sudah tidak sama-sama tegak atau sama-sama terbalik.

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, ada juga tarot reader yang tidak menggunakan metode kartu terbalik. Dalam beberapa dek tarot memang ada yang membutuhkan pembacaan terbalik, tapi ada juga dek yang tidak. Sekarang kembali kepada tangan pembaca, akankah menggunakan teknik pembacaan kartu terbalik atau tidak. Selamat belajar!

Yuk, Beri Komentar dan Berdiskusi di Sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s