Buku Bacaan Februari – Maret

Bulan sibuk. Maksudnya sibuk kuliah dan mengajar les kembali. Aktivitas pagi-siang kuliah dan malam mengajar pun menjadi rutinitas kembali. Terkadang tugas kuliah juga menuntut diri untuk bergadang, seolah tanpa istirahat walaupun sudah pulang malam. Tapi gw masih sempat membaca beberapa buku. Belakangan gw memang lagi senang dengan buku-buku import, meskipun sebenarnya sudah ada versi terjemahannya di Indonesia. Tetapi membaca buku dengan bahasa aslinya ada feel tersendiri. Alhasil, lumayan juga nih mikirin kantong untuk beli buku import. Well ini dia daftar buku yang baru masuk ke perpustakaan mini gw:

Battle Hymn of The Tiger Mother

Oleh: Amy Chua│Penerbit: BloomsBurry (English)

This book is awesome! Yap. Gw tidak berlebihan untuk memuji buku ini. Amy Chua mengisahkan tentang gaya pengasuhannya (parenting) yang keras ala China. Beberapa aturan di antaranya adalah anaknya dilarang menonton televisi, dilarang jalan-jalan bersama temannya, dilarang menginap, dilarang bermain alat musik kecuali piano dan biola, dilarang tidak mendapatkan nilai A, dan lain-lain. Buku ini sempat menjadi kontroversi di barat karena berbeda dengan pola pengasuhan ala barat yang menjunjung kebebasan. Buku ini merupakan memoar dari Amy Chua tentang kerasnya pengasuhan ala China dan kedua anaknya.

The Tipping Point

Oleh: Malcolm Gladwell│Penerbit: BackBay Books (English)

Buku international bestseller ini ber-genre marketing. Gladwell menjelaskan bagaimana caranya melakukan hal kecil yang dapat menyebabkan perubahan besar. Contohnya adalah perusahaan Hush Puppies yang awalnya tidak terkenal namun menjadi sangat berpengaruh di kalangan remaja kemudian. Lalu revolusi dari sebuah kota yang penuh dengan kriminalitas lalu mendadak menjadi sebuah kota yang damai. Buku ini menjelaskan proses-proses terjadinya perubahan mendadak, yang diistilahkan sebagai the tipping point.

The IQ Answer

Oleh: Frank Lawlis │Penerbit: Viking (English)

What a informative book! Buku ini sebenarnya bukan milik gw. Gw dipinjamkan oleh bos gw yang tertarik dengan psikologi anak dan kecerdasan. The IQ Answer merupakan buku yang membahas cara memaksimalisasikan potensi anak, dalam hal ini IQ. Pengalaman Frank Lawlis, seorang psikolog yang sudah melakukan praktik dan riset bertahun-tahun menjadi bumbu tersendiri dalam buku ini sehingga sarat akan teori namun juga praktis karena dilengkapi oleh kasus-kasus yang pernah ditemui oleh sang penulis. Di bab 2 buku ini juga diajarkan metode pernafasan untuk memaksimalkan potensi diri. Menarik!

The Power of Kepepet

Oleh: Jaya Setiabudi│Penerbit: Gramedia (Bahasa Indonesia)

Don’t judge the book by its cover! Inilah pelajaran yang saya dapat begitu memutuskan untuk membeli buku ini. Di balik judulnya yang gak masar dan sampul bukunya yang norak, buku ini merupakan buku laris yang sudah dicetak ulang berkali-kali. Buku ini merupakan buku tentang entrepreneurship. Mengajarkan bagaimana perlunya modal ke-nekad-an untuk memulai sebuah bisnis. Selain itu, faktor kepepet juga merupakan pendukung keberhasilan bisnis, karena semakin kepepet maka kita akan semakin memacu diri untuk berusaha mencapai target. Buku ini dibawakan dengan gaya bahasa yang sangat santai dan mudah dipahami, bahkan dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi lucu dan contoh-contoh menarik. Recommended bagi yang ingin belajar berwiraswasta!

Yuk, Beri Komentar dan Berdiskusi di Sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s